Monday, October 18, 2010

Pencarian dan pengindeks-an menggunakan floating point!!

Tahukah anda kalau perhitungan di dalam mencari kata-kata yang match dengan user query menggunakan floating point operation? Tidak hanya itu, indeks juga dibuat dengan mengunakan floating point operation.

Sekarang yang sedang menjadi trend di computer world, adalah GPGPU, dimana GPU digunakan bukan untuk graphics saja, tapi digunakan untuk melakukan perhitungan floating point dengan tujuan mempercepat operasi perhitungan.

Untuk yang senang membaca, bisa mengikuti Nvidia dengan CUDA nya  dan AMD dengan OpenCL. Saya lebih tertarik dengan OpenCL, karena ini open source dan bisa dijalankan di multicore CPU dan GPU.  Apple juga mendukung OpenCL.


Pencarian dan pengindeks-an saat ini menggunakan CPU saja, dimana X86 merajai dunia ini, dari Google sampai Bing, masih menggunakan X86 server. Yang menjadi topik menarik, bagaimana kalau load tersebut dijalankan di GPU? GPU lebih murah dan lebih gampang untuk parallel processing. Masih sedikit penelitian dibidang ini, padahal ada OpenCL yang bisa di-download gratis!!

Nah yang menjadi pertanyaan, apakah ada universitas di Indonesia yang melakukan penelitian dengan OpenCL dan akselerasi pencarian menggunakan GPU? Institut Teknologi Bandung harusnya bisa menjadi pelopor di bidang ini. Kalau belum bisa mempunyai graphics card nya (yang pasti kejangkau), OpenCL bisa dijalankan di PC biasa, jadi awalnya bisa dijalankan dengan modal sedikit (yang pasti punya PC kan?) Disini bisa dilihat efisiensi nya, bagaimana kernel nya OpenCL bisa mendistribusikan load secara otomatis ke GPU dan CPU, tergantung konfigurasi mesinnya. Apakah lebih cepat? Kalau dihitung biaya/floating point operation, pasti GPU menang. Tapi kalau melihat floating point precision dan software yg tersedia, CPU sekarang masih merajai.

Disinilah terbuka peluang untuk Indonesia terlibat di-awal-awal GPGPU dan OpenCL. Kalau menunggu sampai market siap, artinya kita terlambat bertahun-tahun. Apakah ada yang mau? Yah.. harap-harap ada yang tergerak.

No comments:

Post a Comment